PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN PADA PDAM “DELTA TIRTA” SIDOARJO

Authors

  • Dewi Ayu Setyorini Mulyono
  • Sugijanto

Keywords:

PDAM, Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan, Flowchart

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan sistem informasi akuntansi penjualan pada pelanggan dalam meningkatkan pengendalian intern hasil penjualan pada PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo. Subjek pada penelitian ini adalah PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo sedangkan objek pada penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi penjualan pada pelanggan dalam meningkatkan pengendalian intern hasil penjualan pada PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan interview dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data taksonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo dapat dikatakan efektif karena telah memisahkan tanggung jawabnya secara tepat, tidak adanya perangkapan tugas dan telah dibentuk praktik yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi.

References

Hery.2013. Auditing (pemeriksaan akuntansi 1), Jakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).
Laudon.2013. Management Information System-managing the digital firm. Twelfth edition. England: pearson education limited.
Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi.
Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian
pendidikan,Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles