ANALISIS PERANAN CONTRIBUTION MARGIN DALAM PENCAPAIAN LABA PERUSAHAAN PT. SAKURA BERKAH SEJAHTERA
Keywords:
kontribusi margin, break even point, Operating LaverageAbstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah peranan analisis kontribusi margin dalam pencapaian laba pada perusahaan PT SBS. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif dan rasio margin kontribusi tertinggi terdapat pada tahun 2017 degan jumlah kontribusi margin senilai Rp. 7.172.582,218 dan penjualan senilai Rp. 21. 818.445,102.Titik impas pada tahun 2017 lebih besar dari pada tahun tahun sebelum dan sesudahnya, pada priode tahun 2014 – 2018 besar volume penjualan untuk PT. SBS masih melebihi titik impas, sehingga masih dapat memperoleh keuntungan perusahaan. Perhitungan Operating Laverage tersebut apabila dari hasil penjualan dinaikan 1% maka laba dapat naik pada tahun 2014 sebesar 2,03, tahun 2015 sebesar 1,50, tahun 2016 sebesar 1,49, tahun 2017 sebesar 1,28, dan tahun 2018 sebesar 1,29.Disimpulkan analisis Operating Laverage yang paling tertinggi terjadi pada tahun 2014 senilai 2,03 dikarenakan margin kontribusi dan EBIT terendah terjadi pada tahun 2014.
References
Afkar, Taudlikhul. 2016. Penganggaran Bisnis. Surabaya : Adi Buana University Press
Belkaoui, Ahmed Riahi. 2004. Teori Akuntansi Edisi kelima Salemba empat. Jakarta
Fridayanti, Silvana 2014, Analisis Contribution margin untuk menentukan tingkat penjualan produk dalam rangka memaksimalkan laba perusahaan. Ilmu administrasi .Universitas brawijaya.Malang
Fakultas Ekonomi. 2018. Pedoman Penulisan Skrisi. Program studi fakultas Ekonomi. Universitas PGRI. Adi Buana Surabaya
Garrison dan Noreen. 2008. Akuntansi Manajerial, penerjemah BudiSantoso, A.Totok. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta.
Harsen dan Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial, Buku 2, Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Harahap, S. S. 2011. Teori Akuntansi, Edisi revis 2011. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Mulyadi. 2009. Akutansi Biaya. Edisi 5. Yogyakarta: STIE YKPN
Malombeke, Merry Beatrix. 2013. Analisa Break-Even-Point Sebagai Dasar Perencanaan Laba Holland Bakery Manado. JURNAL EMBA Vol. 1 No. 3 http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1889. Diakses 22 November 2015. Hal. 775-881.
Nazir, M.2003. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Verawati Evi. 2014. Penerapan metode CVP ( Cost- Volume – Profit ) sebagai alat bantu analisis perencanaan laba dalam mencapai target laba perusahaan pada UKM Vinito brownis Fakultas ekonomi & bisnis .Fakultas Ekonomi & Bisnis,Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Miftah Furaidah. 2017. Analisis Metode Cost volume profit untuk persncanaan laba padan PT. Raxi Indonesia. Surabaya
Pradana,Fendi. 2016 penerapan Cost volume profit analisis untuk evaluasi pencapaian laba pada perusahaan kecap Murni Jaya. Kediri
Puji Ana Lestari. ( 2014 ) Analisis cost volume profit saebagai alat bantu perencanaan laba (studi kasus pada produksi Mom’s Jelly UMKM Padepokan suket segoro Semarang). Semarang
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Alfabeta, Bandung.
Suwardjono. 2008. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.
Winardi. 2001. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Wulandari. 2006.Analisis Break even point sebagai alat bantu perencanaan laba studi pada Quality Skripsi.Universitas Islam Indonesia.Yogyakarta