MEKANISME PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK GUNA MEREALISASIKAN TARGET LABA (STUDI PADA CV PUTRA TUNGGAL)

Authors

  • Alfi Makhrojah
  • Siti Istikhoroh

Keywords:

Penetapan harga jual, target laba, harga pokok penjualan

Abstract

Penetapan harga jual dalam suatu perusahaan sangatlah penting. Dengan penetapan harga jual yang tepat maka akan berpengaruh juga terhadap laba yang akan diperoleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme perusahaan dalam penetapkan  harga jual produk dalam merealisasikan target laba pada CV Putra Tunggal. Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menentukan harga jual pada CV Putra Tunggal masih lebih tinggi dibanding perusahaan sejenis. Hal ini dikarenakan perhitungan harga pokok penjualan masih terlalu tinggi sehingga laba yang diharapkan oleh perusahaan belum bisa tercapai.  Perusahaan seharusnya dapat mengatasi biaya produksi yang masih relatif tinggi dengan menggunakan metode perhitungan yang tepat agar laba yang telah ditetapkan dapat tercapai.

References

Bastian Bustami & Nurlela. 2006. Akuntansi Biaya : Kajian Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Daljono. (2011). Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian. Edisi ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Mulyadi. 2001. Akuntansi Biaya.Yogyakarta : BPFE UGM.
Suwardjono. 2008. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE
Swastha, Basu. 2007. Azas-azas Marketing. Edisi Revisi. Yogyakarta: Akademi Keuangan dan Bisnis (AKB).
________. 2010.Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan.Yogyakarta:

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles