PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH
(Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan)
Keywords:
Kualitas Produk, Kepercayaan Nasabah, Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikan pengaruh dari kualitas produk terhadap kepercayaan nasabah pada Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan. Lokasi penelitian ini bertempat pada Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan. Populasi penelitian yakni nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan dengan jumlah sampel 125 nasabah teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jenis data terdiri dari data subyek, data fisik, dan data dokumenter, sedangkan sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder (kuisioner). Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kulitas produk berpengaruh secara signifikan positif terhadap kepercayaan nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Lamongan, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel X (kualitas produk) lebih besar daripada nilai t tabel (8,649 > 1,97944) dan nilai signifikan dibawah 0,05 yakni 0,000 atau 0,000 < 0,05.
References
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.
Sangadji, EM, Sopiah. 2016. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.