PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ROA SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Authors

  • Annisa Salsabilah Hasanah
  • Martha Suhardiyah
  • Aristha Purwantari Sawitri

Keywords:

CSR, Nilai Perusahaan, ROA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan ROA sebagai variabel moderating. Sampel yang dipakai dalam penelitian adalah 4 perusahaan sub sektor logam yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi BEI dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa annual report meliputi laporan keuangan dan laporan CSR. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Moderat Regression Analysis (MRA) ialah aplikasi khusus regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan ROA tidak dapat memoderasi hubungan CSR dengan nilai perusahaan, dilihat dari nilai signifikansi lebih besar dari tingkat nilai signifikasinya dan  nilai thitung  lebih kecil dari ttabel.

References

Branco, Manuel Castelo and RodriguesLucia Lima. 2008. Factors Influencing Social Responsibility Disclousure by Portuguese Companies. Jurnal of bisness Ethies, 83, pp:685-701.
Hacksto, David dan Markus J. Milne.1996. Some Determinants of Social and Environmental Disclouser in New Zaeland Companies. Accounting Auditing and Acountability Journal, 9 (1), pp:77-100.
Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu
Harmono. 2009. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scoredcard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis). Jakarta: Bumi Aksara.
Ramona, Suci. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Universitas Pasir Pengaraian
Rosiana, Juliarsa, dan Sari. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR dan Milai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi. ISSN:2302-8556, Hal 723-738. Universitas Udayana.
Said, Ahmad Lamo. 2015. Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Governance. Yogyakarta : Deepublisi.
Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Suryono Guritno, Sudaryono, dan Untung. 2011. Metode Penelitian Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Kartini, Dwi. 2009. Corporate Social Responsibility Transpormasi konsep sustansibility Management dan Implementasinya di Indonesia. Bandung: Refika Aditama.
Prhadi, Toto. 2011. Analisis Laporan Keuangan Teori dan Aplikasi. Jakarta:PPM.
Widoatmodjo, Swawidji. 2004. Jurus Jitu Go Public. Jakarta:PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles