PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY (CSR) DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PRODUK

Authors

  • Amir Jamaaluddin
  • Martha Suhardiyah
  • Aristha Purwantari Sawitri

Keywords:

Corporate Social Responbility, Biaya Promosi, Penjualan Produk

Abstract

Corporate Social Responbility (CSR) merupakan bentuk rasa tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di sekitar perusahaan. Dalam penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Corporate Social Responbility (CSR) dan biaya promosi terhadap penjualan produk pada perusahaan makanan dan minuman yang terdafaftar di bursa efek Indonesia tahun 2013-2018. Variabel independen yang digunakan adalah Corporate Social Responbility ( CSR) (X1) dan biaya promosi (X2), sedangkan untuk variabel dependen adalah penjualan produk (Y). Populasi di ambil dari laporan keuangan perusahaan makanan dan minuman. Sampelnya dari laporan keuangan 7 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2013-2018 dengan kriteria yang dibutuhkan. Teknik pengambilan data penelitian yaitu dengan metode dokumen dan dianalisa menggunakan uji asumsi klasik analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil uji-t sebesar 0,000 sehingga (0,000<0,05), maka Corporate Social Responbility (CSR) berpengaruh terhadap penjualan produk, selanjutnya hasil uji-t (0,001<0,05), ada pengaruh biaya promosi terhadap penjualan produk.

References

Azhari, Reza. 2013. Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Produk Mulia Pt. Pegadaian (Persero) Kanwil Ix Jakarta 2.
Ramadhana, (2015) dalam penilitian yang berjudul pengaruh Coorporate Social Responbility (CSR) Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2013).
Syukriadi (2016) dalam penilitian yang berjudul Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Perusahaan Dengan Volume Penjualan Sebagai Variabel Moderasi.
Halimah Amaliah, Anis. 2017. Pengaruh Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Cabang Botanical Junction).
Kamaludin. 2010. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responbility Terhadap Profitabilitas Dan Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia).
Putri Giovanni, Anizza. 2013. “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011)”.
Sari, Intan Purnama. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016).
Tifani Ratu Firdaus, Idris. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr), Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Brand Image Telkomsel Di Kota Padang
Uktolseja, F. 2006. Analisa Keefektifan Promosi terhadap Jumlah Penjualan Ponsel Merek XYZ oleh PT. X. Skripsi pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Yustia, Annisa. 2008. Analisis Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Penjualan Produk Simpati PT. Telkomsel, Tbk. Skripsi pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles