PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MAKANAN DI BEI

Authors

  • Sinta Ragil Meidayani
  • Teguh Purwanto
  • Aji Prasetyo

Keywords:

biaya produksi, biaya promosi dan profitabilitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap profitabilitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Populasi dari penelitian ini ada 18 perusahaan makanan yang terdaftar di BEI, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 perusahaan makanan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 40 sampel. Variabel dependen pada penelitian ini adalah profitabilitas. Variabel independen meliputi: biaya produksiĀ  dan biaya promosi. Dalam penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan uji T, uji F dan regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan makanan yang terdaftar di BEI, bisa disimpulkan bahwa secara signifikan biaya produksi dan biaya promosi berpengaruh terhadap profitabilitas.

References

Hanafi, Hamduh H & A, Halim. 2007. Analisis Laporan Keuangan. Edisi ketiga. Penerbit UPP STIM. YKPN
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Cetakan kesebelas. STIM YKPN : Yogyakarta
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Al haryono Jusup. 2011. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1. Edisi Ketujuh. STIE. YKPN
Fahmi, Irham. 2014. Manajemen Produksi Dan Operasi. Alfabeta. Bandung
Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi pertama. Cetakan ketujuh. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. (edisi revisi). Kencana : Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Teori Dan Praktek. Edisi pertama. Salemba empat : Jakarta
M. Suyanto. 2007. Marketing Strategi Top Brand Indonesia. CV. Andi ofset : Yogyakarta

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles