PENGARUH PROFITABILITAS DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR ROKOK

Authors

  • Lina Ekawati
  • Teguh Purwanto
  • Aji Prasetyo

Keywords:

Profitabilitas, CSR, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas dan CSR terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Rasio profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu profit margin, ROI,ROE dan EPS. Sedangkan rasio nilai perusahaan yang digunakan ialah PER,Tobin’s q dan PBV. Populasi dalam penelitian ini adalah 32 laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor rokok yang terdaftar di BEI tahun 2010-2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa (1) variabel profitabilitas (Profit margin) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PER) sedangkan ROI,ROE,EPS dan CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PER). (2) variabel profitabilitas (Profit margin dan EPS) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s q), sedangkan ROI,ROE dan CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Tobin’s q). (3) variabel profitabilitas (Profit margin,ROI dan EPS) berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV), sedangkan ROE dan CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV).

References

Agus Sartono.(2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi4. BPFE. Yogyakarta.
Harmono.(2015).Manajemen keuangan berbasis balanceed.Jakarta:Pt Bumi aksara
Fahmi,Irham.(2015).Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta.
Kasmir.(2015).Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hadi,Nor.(2010).CSR.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hartono, Jogiyanto. (2007). Analisis penelitian bisnis: salah kaprah dan pengalaman-pengalaman. Edisi 2007.BPFE.Yogyakarta

Downloads

Published

2019-11-24

Issue

Section

Articles