ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN SYARI’AH BANK BPRS BAKTI SUMEKAR TERHADAP KEBUTUHAN MASYARAKAT RUBARU DALAM PERKEMBANGAN USAHA
Keywords:
Perbankan Syari’ah Bank BPRS Bakti Sumekar, Tingkat Kualitas Pelayanan, Perkembangan usaha Masarakat Rubaru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana pelayanan perbankan syari’ah BPRS Bakti Sumekar terhadap masyarakat Rubaru untuk perkembangan usahanya dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang sangat menentukan kualitas pelayanan perbankan syari’ah BPRS Bakti Sumekar terhadap masyarakat Rubaru untuk perkembangan usahanya. Penelitian ini menggunakan 5 sampel responden yang menjadi nasabah di Bank BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru dan sebagian dari pegawai Bank BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa Kulitas pelayanan yang diberikan Bank BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru sudah memuaskan bagi para nasabahnya. dan dari beberapa persepsi subjek dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang sangat menentukan kualitas pelayanan perbankan syari’ah BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru ada 6 (enam) komponen faktor, diantaranya: (1) Kepatuhan (compliance). (2) Bukti langsung (tangible) (3) Keandalan (realibility), (4) Daya tanggap (responsiveness) (5) Jaminan (assurance), dan (6) Empati (empathy).
References
Azwar, Saifuddin, 2007. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Bahreisy, Salim, dkk, 1990. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier Jilid 2, Surabaya: PT Bina Ilmu
Departemen Agama, 2003. Al-Qur?an dan Terjemah, Bandung: CV. Putra Abadi.
Dinas Pendidikan Nasional, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka.
Djumhana, Muhammad, 2003. Hukum Perbankan di Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti
Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media.
Kertajaya, Hermawan, 2006. Syariah Marketing, Bandung: Penerbit Mizan.
Farida, 2005 Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia.
Lupiyoadi, Rahmat, dkk, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat.
Muhammad, 2004. Manajemen Dana Bank Syariah, Yogyakarta: CV Adipura.
Muhammad, 2005. Bank Syariah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Miles, B, Matthew, 1992. Analisis dan Kualitatif, terjemah. TjepTjep Rohandi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia
Rahayu, Ekawati, 2010. Manajemen Pemasaran, Kudus: Nora Media Enterprise.
Shofie, Yusuf, 2003. Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya, Bandung: Citra Aditya Bakti
Suprapto, 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy, 2011. Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bayu Media.