ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN SYARI’AH BANK BPRS BAKTI SUMEKAR TERHADAP KEBUTUHAN MASYARAKAT RUBARU DALAM PERKEMBANGAN USAHA

Authors

  • Nurul Arifin
  • Teguh Purwanto

Keywords:

Perbankan Syari’ah Bank BPRS Bakti Sumekar, Tingkat Kualitas Pelayanan, Perkembangan usaha Masarakat Rubaru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana pelayanan perbankan syari’ah BPRS Bakti Sumekar terhadap masyarakat Rubaru untuk perkembangan usahanya dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang sangat menentukan kualitas pelayanan perbankan syari’ah BPRS Bakti Sumekar terhadap masyarakat Rubaru untuk perkembangan usahanya. Penelitian ini menggunakan 5 sampel responden yang menjadi nasabah di Bank BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru dan sebagian dari pegawai Bank BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru. Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa Kulitas pelayanan yang diberikan Bank BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru sudah memuaskan bagi para nasabahnya. dan dari beberapa persepsi subjek dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang sangat menentukan kualitas pelayanan perbankan syari’ah BPRS Bakti Sumekar Cabang Rubaru ada 6 (enam) komponen faktor, diantaranya:  (1) Kepatuhan (compliance). (2)  Bukti langsung (tangible) (3) Keandalan (realibility), (4) Daya tanggap (responsiveness) (5) Jaminan (assurance), dan (6) Empati (empathy).

References

Arif, al, Nur, Rianto, 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung; Alfabeta

Azwar, Saifuddin, 2007. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bahreisy, Salim, dkk, 1990. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsier Jilid 2, Surabaya: PT Bina Ilmu

Departemen Agama, 2003. Al-Qur?an dan Terjemah, Bandung: CV. Putra Abadi.

Dinas Pendidikan Nasional, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka.

Djumhana, Muhammad, 2003. Hukum Perbankan di Indonesia, Bandung: Citra Aditya Bakti

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Yogyakarta: Gava Media.

Kertajaya, Hermawan, 2006. Syariah Marketing, Bandung: Penerbit Mizan.

Farida, 2005 Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Bogor: Ghalia Indonesia.

Lupiyoadi, Rahmat, dkk, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2, Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad, 2004. Manajemen Dana Bank Syariah, Yogyakarta: CV Adipura.

Muhammad, 2005. Bank Syariah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Miles, B, Matthew, 1992. Analisis dan Kualitatif, terjemah. TjepTjep Rohandi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia

Rahayu, Ekawati, 2010. Manajemen Pemasaran, Kudus: Nora Media Enterprise.

Shofie, Yusuf, 2003. Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya, Bandung: Citra Aditya Bakti

Suprapto, 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy, 2011. Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bayu Media.

Downloads

Published

2019-11-24

Issue

Section

Articles